Sukses!!! Mahasiswa KKN Universitas Lampung selenggarakan "Semarak Pesta Rakyat" di desa Karang Rejo Lampung Selatan.


Rabu, 7 Februari 2024, bertempat di Balai Desa Karang Rejo, Jatiagung Lampung Selatan, mahasiswa KKN Universitas Lampung sukses melaksanakan program kerja unggulan yaitu "Semarak Pesta Rakyat".

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa KKN dengan Karang Taruna Desa Karang Rejo yang telah jauh-jauh hari mempersiapkan kegiatan tersebut. Semarak Pesta Rakyat merupakan kegiatan yang berisi penampilan pentas seni persembahan dari setiap dusun Desa Karang Rejo. Kegiatan ini merupakan malam puncak dari beberapa rangkaian kegiatan yang telah terlaksana juga pengumuman pemenang Lomba Adzan dan Sholawat yang bertujuan untuk meningkatan generasi unggul dalam berjiwa seni anak-anak dan remaja di desa Karang Rejo, perlombaan tersebut diikuti oleh kurang lebih 150 peserta. 


Rangkaian kegiatan malam puncak semarak pesta rakyat tersebut dibuka oleh penampilan Hadroh dari pondok pesantren Nurul ulum (Dusun Trisakti) dan TPA Al barokah (Dusun gedung wani 1) sekaligus menyambut tamu yang berbondong-bondong datang menghampiri balai desa. 

Acara tersebut dimulai pukul 19.45 WIB dan diawali oleh sambutan oleh koordinator desa sekaligus menyampaikan kesan pesan selama kuliah kerja nyata di Desa Karang Rejo dalam sambutannya "Dengan diselenggarakannya acara semarak pesta rakyat ini, semoga kita semua dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar warga, karena saya dan teman-teman amati selama 40 hari berada disini, berkunjung kesetiap dusun demi dusun, antar dusun di desa ini dibatasi oleh jarak dan akses jalan  yang sulit dilalui, sehingga acara berkumpul satu desa seperti ini sangat jarang sekali, oleh karena itu saya sangat berterimakasih kepada bapak dan ibu sekalian sudah menyempatkan hadir pada malam hari ini di balai desa karang rejo, semoga setelah ini kita semua dapat terus menjaga ikatan silaturahim aamiin ya rabbal alamin" Ujarnya.

Kepala desa Karang Rejo bapak Feriode juga menyampaikan sambutannya "Saya jujur, tidak menyangka kalau penontonya bakal sebanyak ini, mulai dari anak-anak sampai bapak-bapak, ibu-ibu nya antusias sekali untuk menonton penampilan dari tiap-tiap dusun, luar biasa sekali usaha panitia dalam menyukseskan acara semarak pesta rakyat malam hari ini, suasananya benar-benar pesta rakyat ada gendang, hadroh, sampai atraksi pencak silat. semoga kedepannya agenda seperti ini bisa terus berjalan di tahun tahun berikutnya sebagai agenda silaturahim antar dusun serta menjadi wadah untuk anak-anak melatih skill dan kemampuan baik di bidang MTQ dan lain sebagainya.–Pungkasnya


Puncak acara berlangsung meriah diawali oleh pengumuman pemenang lomba adzan dan sholawat serta pembagian hadiah oleh kepala desa serta tokoh masyarakat setempat.

Acara selanjutnya yaitu penampilan Tari Nusantara Indah yang ditampilkan oleh dusun gedung wani, penonton yang ada didepan balai desa pun menyesaki balai desa untuk menonton penampilan tersebut. 

Penampilan selanjutnya, yaitu dipersembahkan oleh Pencak Silat Pagar Nusa yang juga diwarnai atraksi diatas panggung, penampilan tersebut disambut dengan meriah oleh penonton. Kemudian acara selanjutnya persembahan dari dusun Trisakti adalah penampilan musikalisasi puisi dan kegiatan didalam ruangan ditutup oleh tari kreasi lathi oleh anak-anak didik Ruang belajar bersama yang merupakan kegiatan program kerja mahasiswa KKN Universitas Lampung.

Tidak berhenti disitu, penonton diarahkan untuk keluar ruangan disamping balai desa untuk menonton pertunjukan seni dari perguruan TTKDH Cimande dusun Trimaju yang dipersembahkan oleh kurang lebih 45 orang anggotanya, penampilan tersebut disambut meriah oleh warga karena didalamnya terdapat atraksi yang menegangkan. 

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan meriah, total keseluruhan penonton yang hadir sebanyak 300 orang dari 7 dusun yang berada di desa Karang Rejo. Kebahagiaan membekas bagi semua yang hadir, terlepas dari hal tersebut panitia amat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut.

Penulis : Syifa Khairunisa


Belum ada Komentar untuk "Sukses!!! Mahasiswa KKN Universitas Lampung selenggarakan "Semarak Pesta Rakyat" di desa Karang Rejo Lampung Selatan."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel