KOPRI Wujudkan Perempuan Muda Berdaya

Perempuan Muda Berdaya

Berbicara soal perempuan hari ini, mereka memiliki peran dan kedudukan yang sama dengan laki-laki. Hal itu dibuktikan dengan adanya kesempatan perempuan untuk menduduki ruang-ruang strategis baik bidang pendidikan, ekonomi, sosial, maupun politik. Dalam praktiknya, untuk mencapai hal tersebut banyak usaha yang dilakukan oleh kaum perempuan untuk bagaimana terus mengasah kemampuan yang di milikinya untuk kemudian di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, dalam kiprahnya seorang perempuan juga tidak bisa melakukan sesuatu hal dibawah kendalinya melebihi aturan yang sudah diatur menurut agama islam.

KOPRI sebagai organisasi perempuan muslim yang tidak lepas dari garis koordinasi PMII yang berlandaskan aswaja memiliki peran yang sangat penting hari ini, untuk bagaimana bisa membentuk karakter setiap individu kemudian mampu mewadahi segala aspirasi perempuan-perempuan didalamnya lalu dituangkan dalam sebuah Program Kerja. Selain itu, sebagai wadah perempuan muslim hari ini, KOPRI juga menjadi ruang pengembangan diri, baik kemampuan nalar berpikir ataupun bakat yang dimiliki oleh setiap kader didalamnya.

Merawat nalar berpikir secara kritis melalui asupan pengetahuan atau wawasan menjadi suatu keharusan sebagai seorang kader  KOPRI yang dimana hari ini perempuan juga akan dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan bangsanya. Suatu wilayah itu maju bisa dilihat bagaimana usaha dari generasi muda untuk terus melakukan hal-hal yang bermanfaat dan memberikan dampak positif sehingga menjadi suntikan untuk terus berbuat baik kedepan. Oleh karena itu, perlu terus berlatih dan memaksimalkan potensi yang sudah ada oleh kader KOPRI itu sendiri.

Dalam kesibukannya sebagai seorang mahasiswa, KOPRI juga tidak lepas akan tanggung jawabnya terhadap organisasi yaitu untuk terus melakukan pengkaderan baik formal maupun non formal. Sebab,KOPRI sendiri menjadi lumbung intelektual dari pemikiran serta gerakan kader perempuan yang akan tertampung secara kolektif. Kemudian, bersama kita ketahui secara sadar kader KOPRI hari ini memiliki banyak sekali potensi-potensi yang bisa dikembangkan secara maksimal untuk menjadi bekal dalam partisipasinya terhadap dinamika kehidupan kampus. 

Menghidupkan ruang aktualisasi berupa kegiatan yang bisa dilakukan dalam kurun waktu tertentu adalah bentuk upaya kader KOPRI mempertahankan semangat organisasi. Selain daaripada mempertahankan semangat organisasi kegiatan yang terlaksana juga menjadi batu loncatan untuk mendistribusikan potensi kader sehingga terberdaya atau mampu melakukan sesuatu sesuai kemampuan. Kader KOPRI disebut berdaya yaitu karena mereka mampu mengidentifikasi apa yang ada didalam dirinya sehingga mampu memaksimalkan kesempatan untuk bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Jadi, KOPRI sebagai wadah perempuan muslim yang memiliki gagasan-gagasan emas, harapannya kedepan dapat memberikan manfaat bagi sekitar. Selain itu,  kader KOPRI yang hari ini menjadi mahasiswa pergerakan mampu terdistribusi dengan baik disetiap bidang secara merata dengan membawa gagasan sesuai dengan kiprahnya. Kemudian mampu memaksimalkan peluang dengan sebaik-baiknya dan mengambil peran disetiap bidang yang kemudian mampu membawa perubahan untuk bangsanya.

PenulisLuthfiana Putri Hidayah (Ketua Kopri PMII Rayon Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Komisariat Unila Cabang Bandar Lampung 2023-2024)

Belum ada Komentar untuk "KOPRI Wujudkan Perempuan Muda Berdaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel