Mahasiswa KKN UNILA Sukses Melaksanakan Lokakarya di Balai Kampung Rantau Temiang

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Lampung ( UNILA ) melakukan kegiatan lokakarya di Balai Kampung Rantau Temiang, Kecamatan Banjit, Kabupaten Waykanan pada Rabu, 10 Januari 2024.

Kegiatan itu dilakukan di Balai Kampung Rantau Temiang dihadiri Kepala kampung Rantau Temiang Umirdi, Ketua BPK Kampung Rantau Temiang Supriyadi, perangkat Kampung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan pemuka agama hingga bidan desa.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Kepala kampung Rantau Temiang, Umirdi, sambutan ketua BPK, Supriyadi, Dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh Ahlan Nurfandia selaku Koordinator kampung. Pada kegiatan Lokakarya periode I ini memaparkan program kerja yang disusun berdasarkan hasil pemetaan potensi dan masalah yang ada di Kampung Rantau Temiang.

Tujuan utama dilaksanakannya Lokakarya Tahap Awal di Kampung Rantau Temiang adalah untuk menjelaskan permasalahan serta menawarkan solusi untuk permasalahan yang ada. Pada kegiatan ini, para mahasiswa memaparkan 12 program kerja yang akan dilaksanakan selama melakukan KKN di Kampung Rantau Temiang. Program tersebut diantaranya adalah Pemberdayaan bendungan Way Umpu untuk sektor pariwisata, Penyuluhan tentang pentingnya kesadaran hidup sehat melalui aksi gizi untuk pencegahan stunting berbasis pendidikan serta pendidikan anti bullying.

Berikut beberapa program kerja yang telah di sosialisasikan dan akan direalisasikan; pemberdayaan Potensi Kampung, berupa pemberdayaan bendungan way umpu melalui penyelarasan kegiatan bersama Pokdarwis, selanjutnya Pelatihan Pembuatan ECO Enzyme, dengan tujuan pemanfaatan sisa buah dan sayur untuk pengikat kotoran dalam air sehingga mampu menjernihkan air sungai dalam jangka panjang, dan Digitalisasi Administrasi

kampung, untuk mempermudah sekretaris kampung dalam mengolah administrasi masyarakat kampung.

Program kerja yang disusun mengangkat permasalahan yang ada dan dilakukan dengan berbasis penyuluhan, serta pendidikan anti bullying yang dirangkum dalam 12 program yang disusun oleh Mahasiswa KKN Kampung Rantau Temiang.



Setelah sesi pemaparan program kerja dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Kordinator Kecamatan, Angga Saputra. Poin yang disampaikan pada waktu diskusi adalah mengenai tempat dan waktu pelaksanaan program serta saran mengenai Progja yang telah dipaparkan.

Program kerja yang disusun diharapkan dapat berkontribusi dalam menanggulangi permasalahan yang ada di kampung Rantau Temiang.

Acara Lokakarya berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat menyambut respon baik terhadap program kerja KKN yang telah disampaikan, sosialisasi ini ditutup dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.


Penulis: Angga Saputra

Dokumentasi: Pribadi

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa KKN UNILA Sukses Melaksanakan Lokakarya di Balai Kampung Rantau Temiang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel