Perkuat Nalar anggota dan kader, PMII ISIP Rayon selenggarakan Diskusi Interaktif tentang Antropologi Kampus dengan tema “Dinamika Organisasi dan Birokrasi Kampus”

Perum Griya Gedong Meneng, Kelurahan Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung. PMII rayon Fisip menggelar diskusi interaktif tentang Antropologi Kampus dengan tema " Dinamika Organisasi dan Birokrasi Kampus " yang berlangsung di sekretariat PMII Rayom Fisip UNILA. Diskusi ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2023 mulai pukul 20.00-23.30 WIB. Serta berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh banyak anggota PMII ISIP Rayon.



Diskusi interaktif ini di moderatori oleh Ruhan Amrina Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2022 dan dipantik langsung oleh Rodhatul Nasikhin, S.H., M.H (Demisioner ketua Komisariat PMII Unila 2020-2021) dan sebagai salah satu staff di rektorat Unila. Dalam diskusi ini, peserta diajak berdiskusi langsung mengenai organisasi kampus. Selain itu, pemantik yang kerap disapa Mas Nasikhin juga menjelaskan secara gamblang mengenai system organisasi dan birokrasi di kampus.

Rohmani selaku Ketua PMII ISIP Rayon Universitas Lampung menyampaikan bahwa pentingnya kader PMII memahami dinamika organisai dan birokrasi di kampus. “ Sebagai kader intelektual anggota PMII hari ini harus memamhami Antropologi Kampus. Karena Antropologi Kampus merupakan istilah yang merujuk pada studi antropologis tentang kehidupan dan budaya di lingkungan kampus atau universitas. Antropologi kampus ini memeriksa berbagai aspek kehidupan di dalam kampus, termasuk interaksi sosial, norma dan nilai-nilai yang berkembang, dinamika mahasiswa, staf, dan dosen, serta pengaruh institusi pendidikan tinggi pada budaya dan identitas” Ujarnya.

Raudatul Nasikhin selaku penggagas menjelaskan bahwa “antropologi sangat penting karena Antropologi kampus memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika kompleks di dalam organisasi dan institusi pendidikan tinggi dan cara di mana pengalaman kampus membentuk individu dan budaya secara lebih luas. Pemaknaan antropologi kampus dapat membantu universitas untuk memahami kebutuhan mahasiswa mereka dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka” Pungkasnya.

Dalam Diskusi interatif ini melahirkan gagasan-gagasan baru dari para anggota dan kader pmii rayon fisip mengenai antropologi kampus yang kesemuanya diakomodir pendapatnya oleh mas Nasikin selaku pemantik diskusi, Adapun beberapa sikap Sahabat PMII Terhadap Dinamika Kampus ialah sebagai berikut :

Anggota atau kader PMII harus menpunyai karakter dan identitas Dari tipologi mahasiswa hari ini. Karena PMII sendiri merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan dengan tipe tipe beragam, tetapi mayoritas posisi kita sebagai anggota/kader PMII berada tipe mahasiswa yang kritis transformative dengan tidak melupakan kewajiban kita sebagai mahasiswa yang akademis, serta tidak lupa pada kewajiban kita sebagai umat yang beragama, karena mahasiswa adalah kaum intelektual yang mana dikatakan sebagai Agent Of Change, Agent Of Control dan Agent Of Social 

Harus mempunyai peranan dan pendistribusian anggota dalam ranah internal kampus seperti Pemilu Raya(PEMIRA) dsb, karena dari sisi ini kita bisa mengenal dan dapat mengetahui tentang Pendidikan ranah kampus 

Mempunyai peran dalam study ilmiah dengan kapasitas keilmuan/karakter dalam jati diri setiap anggota dan kader.

Bagi anggota/kader PMII, kampus merupakan tempat potensial untuk mengasah mental dan pengalaman kepemimpinan, melalui rutinitas membaca buku dan diskusi, serta pengenalan mendalam terhadap kehidupan kampus dengan didasari wawasan yang komprehensif.

Diskusi interaktif ini merupakan agenda yang dilaksanakan oleh PMII Rayon ISIP Unila dengan tujuan untuk membekali kader dalam memahami peta konsep kampus dengan harapan kader memahami gerakan-gerakan yang harus dilakukannya sebagai mahasiswa dan kader. Dengan adanya diskusi interaktif seperti ini, PMII Rayon FISIP berharap mental spek up, wawasan serta nalar kritis kader dapat terbentuk dan mampu bersaing di dunia kampus.

Penulis : Adinda Eka Listiara


Belum ada Komentar untuk "Perkuat Nalar anggota dan kader, PMII ISIP Rayon selenggarakan Diskusi Interaktif tentang Antropologi Kampus dengan tema “Dinamika Organisasi dan Birokrasi Kampus”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel