Kader PMII menjadi Guru Besar termuda di Kampus Hijau Universitas Lampung


Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia turut bangga hari ini, sebab salah satu alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Prof. Rudy,.SH,.LLM.LL.D yang saat ini tercatat sebagai  Majelis Pembina Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Universitas Lampung  hari ini dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Hukum Universitas Lampung pada Rabu (25/10/2023) di Gedung Serbaguna Universitas Lampung.

Jenjang pendidikan Prof. Rudy ditempuh di SDN 2 Sumur Batu, SMPN 2 Bandar Lampung, dan SMAN 2 Bandar Lampung. Kemudian gelar sarjana diraih di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2003), sedangkan magister di Kobe University, Jepang (2007), dan program doktoral di Kobe University, Jepang (2012).

Prof Rudy juga telah mengikuti konferensi dan menerbitkan berbagai jurnal nasional maupun internasional.

Prof. Rudy juga sudah menerbitkan kurang lebih 19 buku. Ia merupakan Guru Besar ke-8 di Fakultas Hukum Unila, dan ke-111 di Universitas Lampung. Ia juga meraih gelar profesor termuda di Universitas Lampung yakni pada  usia ke 42 tahun.

Dalam orasinya yang berjudul "Pembangunan Hukum Indonesia di Persimpangan Jalan : Refleksi 4 Abad Pembangunan Hukum di Nusantara ", beliau menyampaikan bahwa "Tatanan Hukum di Indonesia saat ini tidak asli hukum yang berasal dari Indonesia, baik itu pidana,perdata  dan lainnya,  kemudian beliau menambahkan Sedangkan hukum di Indonesia telah ada sejak sebelum itu yakni saat masih dijajah Belanda. Atau hukumnya disebut dengan hukum adat.

“Maka secara keseluruhan hukum di Indonesia adalah transplantasi dari hukum Belanda yang telah mengakar, karena Indonesia dijajah oleh Belanda kurang lebih 350 tahun lamanya,” ujarnya.



Prof. Rudy berpesan kepada audiens (mahasiswa) jangan takut untuk memiliki mimpi, jangan pernah membatasi kemampuan diri, terus tingkatkan kemampuan dengan berbagai kompetisi yang bisa diikuti, karena terkadang manusia itu sendiri yang membatasi pikiran untuk mengembangkan potensi dirinya.


Penulis : ANDRE RIAN DOTAMA



Belum ada Komentar untuk "Kader PMII menjadi Guru Besar termuda di Kampus Hijau Universitas Lampung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel