Hakekat Anak Usia Dini dalam Belajar

FaktaAnak.Com- Membaca merupakan salah satu cara membuat anak untuk bisa menstimulasi perkembangan ilmu pengetahuan anak. Akan tetapi untuk menyadarkan kecintaan membaca pada anak tidak semudah yang kita bayangkan karena kecenderungan anak untuk bermain relatif tinggi.

Bagi anak yang di lingkungan keluarga maupun sekolah sudah terbiasa diciptakan suasana membaca, baik itu buku dongeng, fable, cerita rakyat, gambar, dan buku lainnya dapat dipastikan bahwa dalam kegiatan keseharian anak tidak dapat lepas dari yang namanya buku.

Buku bagi anak adalah tempat sekaligus teman bermainnya. Dari sini orang tua dan guru tentu harus sudah mulai mengarahkan anaknya untuk suka kepada buku sedini mungkin. Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan hal itu tidak begitu mudah.

Perlu adanya ide-ide kreatif, coba-coba dan cara efektif yang bisa membuat anak cinta terhadap buku. Salah satu cara yang efektif dan dapat dilakukan oleh semua orang tua dan guru adalah reading aloud atau membacakan buku dengan suara lantang pada anak.

Read aloud ini bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Karena dengan sedini mungkin mengenalkan buku, maka semakin optimal untuk membangun rasa kecintaan anak kepada buku. Terlebih, saat memperkenalkan buku pada masa-masa golden age (0-5 tahun), potensi anak untuk cinta terhadap buku begitu hebat karena pada usia itu daya serap anak begitu cepat.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa hari ini anak usia dini tidak diperkenankan diajari membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi mengenalkan anak untuk membaca saat usia dini tentu tidak menjadi sebuah masalah jika yang dilakukan itu bukan menuntut anak untuk bisa membaca namun membuat anak suka membaca.

Dengan anak suka membaca maka ada beberapa manfaat yang bisa anda ketahui. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut;

Pertama, keterampilan literasi anak semakin berkembang. Perkembang ini terjadi melalui pengenalan
bunyi, intonasi, kemampuan berbicara, membaca dan menulis.

Kedua, memperkaya kosa kata anak. Terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan saat membaca.

Ketiga, saat anda membacakan cerita maka kedekatan orang tua, guru, dan anak terbangun. Karena anda telah berhasil berhubungan dengan anaknya “how to connet the audience.”

Dari ketiga manfaat read aloud yang sudah anda ketahui maka sudah sepantasnya sebagai orang tua mulai mengajak membacakan cerita kepada anaknya. Karena barangkali ini adalah cara untuk menjadikan anak anda sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas dan diidamkan.

Baca Juga;
  1. Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Manfaatnya dalam Islam
  2. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]
  3. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan mengenai Metode “Read Aloud” Untuk hakekat Anak Usia Dini dalam belajar yang ditulis dan disaajikan oleh Mukhamad Hamid Samiaji sebagai salah satu Pegiat Literasi dan Periset di Pusat Pendidikan dan Kreativitas Anak Purwokerto.

Belum ada Komentar untuk "Hakekat Anak Usia Dini dalam Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel